ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 13 BATU GADANG

Ade, Tria Pertiwi and Pebriyenni, Pebriyenni and Ira, Rahmayuni Jusar (2018) ENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN 13 BATU GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (56kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran IPS siswa kelas V di SD Negeri 13 Batu Gadang Padang. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V sebanyak 58 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan Random Sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas VB sedangkan kelas kontrol yaitu VA. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil penelitian kelas yang menerapkan model Time Token memiliki rata-rata hasil tes akhir 82 dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah memiliki rata-rata hasil tes akhir 71,2 dan hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel dimana 3,074 > 1.67 yang berarti H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V pada ranah kognitif dengan menerapkan model Time Token.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:35
Last Modified: 24 Feb 2023 03:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item