PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIO DI SDN18BUNGO PASANG TABING

Agna, Hispa Derila and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATIO DI SDN18BUNGO PASANG TABING. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (154kB)
[img] Text
bab v, dp.pdf

Download (123kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakang oleh rendahnya hasil belajar siswa karena guru hanya menggunakan metode ceramah dan tidak melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization di SDN 18 Bungo Pasang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 Bungo Pasang yang berjumlah 22 orang. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPS mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar Pada Siklus I jumlah 22 siswa yang tuntas sebanyak 8 siswa dari jumlah siswa seluruhnya 22 siswa. Nilai rata-rata siswa adalah 36,36%meningkat menjadi 72,72% Pada Siklus II juga menunjukkan peningkatan, yaitu siswa yang tuntas sebanyak 16 orang. Dengan demikian, melalui model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika di SDN 18 Bungo Pasang. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, IPS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:39
Last Modified: 24 Feb 2023 03:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10985

Actions (login required)

View Item View Item