PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 KURAO PAGANG PADANG

Febrina, Sucitra and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2018) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 KURAO PAGANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (780kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (74kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 56 siswa. Penentuan kelas sampel dengan menggunakan total sampling. Penentuan kelas ekserimen dan kelas kontrol menggunakan secara acak, setelah kedua kelas sampel mempunyai kesamaan rata-rata, maka di dapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar Matematika siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes essay. Hasil penelitian hasil belajar Matematika siswa menunjukkan rata-rata skor hasil belajar Matematika pada kelas eksperimen yaitu sebesar 80,0 dan pada kelas kontrol yaitu 72,5. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 8,82 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Ini artinya terdapat pengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 11 Kurao Pagang dengan menggunakan pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya, penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education dapat divariasikan dengan metode pembelajaran yang lain agar siswa siap dalam proses pembelajaran Realistic Mathematics Education yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:15
Last Modified: 24 Feb 2023 07:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10995

Actions (login required)

View Item View Item