PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VAPADA PEMBELAJARAN PKnMELALUI MODEL PEMBELAJARANSCRAMBLEDI SD NEGERI 15 PADANG SARAI PADANG

Feby, Febrianty and NURHARMI, NURHARMI and Darwianis, Darwianis (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VAPADA PEMBELAJARAN PKnMELALUI MODEL PEMBELAJARANSCRAMBLEDI SD NEGERI 15 PADANG SARAI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (182kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VA pada pembelajaran PKn. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn menggunakan Model Scramble di kelas VA. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas VA sebanyak 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar aktivitas diskusi siswa, dan tes hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa. Berdasarkan analisis lembar aktivitas diskusi siswa siklus I diperoleh rata-rata 54%, meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata 76%. Selanjutnya hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I yaitui 72%, meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata 80%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan Model Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan Model Scramble untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. kata kunci : Scramble, Hasil Belajar, PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:37
Last Modified: 24 Feb 2023 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10997

Actions (login required)

View Item View Item