PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DI SD NEGERI 26 AIR TAWAR TIMUR

Fikra, Englaisade Tulada and Gusmaweti, Gusmaweti and Erwinsyah, Satria (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IVMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING DI SD NEGERI 26 AIR TAWAR TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (113kB)
[img] Text
Full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas kerjasama dan hasil belajar kognitif siswa kelas IV SDN 26 Air Tawar Timur menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan Mind Mapping. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar tes akhir siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru pada siklus dengan rata-rata persentase pada siklus I 50% kriteria cukup baik, dan pada siklus II rata-rata persentase meningkat 82,5% dengan kriteria sangat baik. Peningkatan aktivitas siswa dalam kerjasama dengan rata-rata persentase pada siklus I yaitu 52,9% meningkat pada siklus II menjadi 82,08%. Kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 53,33%. Dan rata-rata belajar siswa pada siklus II meningkat 83,33%,dengan persentase ketuntasa pada siklus I 75 dan pada siklus II dengan persentase ketuntasan 81,66. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan Mind Mapping. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan Mind Mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:53
Last Modified: 24 Feb 2023 07:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10998

Actions (login required)

View Item View Item