PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15/III TANJUNG PAUH MUDIK

Jojor, Yefrina and Muhammad, Sahnan and Ira, Rahmayuni Jusar (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 15/III TANJUNG PAUH MUDIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (245kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di SD N 15 Tanjung Pauh Mudik kabupaten kerinci tahun pelajaran 20172018.Jenis penelitian penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 15/III Tanjung Pauh mudik tahun ajaran 2017/2018. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 15/III Tanjung Pauh Mudik dengan jumlah 52 orang siswa, yang terbagi kedalam dua rombel yaitu kelas IVA dan kelas IVB, Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Samplingdi dapatkan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IV sebagai kelas eksperimen.Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,92 dan 70,19 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil uji t data yang telah dilakukan diperoleh thitung (1,24) > t(0,95,46) (1,95), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Head Together terhadap hasil belajar IPS siswa. Untuk itu disarankan pada guru IPS untuk dapat menerapkan model Numbered Head Together dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran, Numbered Heads Together, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:43
Last Modified: 28 Feb 2023 02:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11088

Actions (login required)

View Item View Item