PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI SD NEGERI 26 AIR TAWAR PADANG

Jufrian, Jufrian and Febriyeni, Febriyeni and Asrul, Taher (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL WORD SQUARE DI SD NEGERI 26 AIR TAWAR PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (138kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 26 Air Tawar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 26 Air Tawar dengan menggunakan model pembelajaran Word Square. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sumber data adalah siswa kelas IV SDN 26 Air Tawar berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, penilaian ranah afektif dan penilaian ranah kognitif. Berdasarkan hasil penilaian ranah kognitif pada siklus I dengan persentase ketuntasan 53,57 dengan rata-rata 70,17%, meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan 85,72 dengan rata-rata 86,78. Penilaian ranah afektif pada kemampuan kerjasama siswa siklus I dengan persentase ketuntasan 75,11 meningkat pada siklus II dengan rata-rata persentase ketuntasan 84,99. Berarti indikator dalam penelitian ini berhasil dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Word Square berlangsung dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran PKn melalui model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN 26 Air Tawar. Kata Kunci : Hasil belajar, PKn, Word Square

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:51
Last Modified: 28 Feb 2023 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11092

Actions (login required)

View Item View Item