PENERAPAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 29 DADOK TUNGGUL HITAM

Lizzatur, Rahmi and Erman, Har and Zulfa, Amrina (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 29 DADOK TUNGGUL HITAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan penerapan model Problem Centered Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul Hitam yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 57 siswa. Penentuan kelas sampel dengan menggunakan random. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan acak, sehingga di dapatkan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPA siswa. Teknik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Data didapat dari penggujian uji-t statistik. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar IPA pada kelas eksperimen yaitu 84,44 dan pada kelas kontrol yaitu 73,46. Penggujian hipotesis Dari hasil perhitungan kesamaan variansi menggunakan levenes tes nampak bahwa nilai sig= 0,190 › 0.05 jadi Ho diterima berarti asumsi kesamaan variansi terpenuhi. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara model konvensional dengan model Problem Centered Learning di kelas IV SDN 29 Dadok Tunggul. Melihat hasil belaja IPA dengan menggunakan model Problem Centered Learning memberikan hasil lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, maka hendaklah guru dapat menggunakan model pembelajaran ini dalam proses pembelajaran dikemudian harinya. Kata kunci : Penelitian Eksperimen, model Problem Centered Learning, Hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:56
Last Modified: 28 Feb 2023 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11097

Actions (login required)

View Item View Item