PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 13 KAPALO KOTO KECAMATAN PAUH KOTA PADANG

Mellya, Agustin and MARSIS, MARSIS and Zulfa, Amrina (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS II MELALUI MODEL PICTURE AND PICTURE DI SD NEGERI 13 KAPALO KOTO KECAMATAN PAUH KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (178kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN 13 Kapalo Koto Pauh, ditemukan permasalahan dalam pembelajaran, diantaranya keterampilan guru rendah, aktivitas siswa rendah, dan hasil belajar siswa dalam menulis deskripsi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis deskripsi bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, meningkatkan aktivitas siswa, dan mening- katkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Picture and Picture. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus penelitian, masing- masing siklus 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan 32 siswa kelas II SDN 13 Kapalo Koto Pauh. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif yang dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Variabel penelitian ini adalah (1) hasil belajar, (2) keterampilan guru, dan (3) aktivitas siswa. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis deskripsi pada akhir siklus I memperoleh nilai rata-rata 72 dan ketuntasan belajar klasikal 72%, pada akhir siklus II mendapat nilai rata-rata 80 dan ketuntasan belajar klasikal sebesar 94%, (2) keterampilan guru pada siklus I mendapat jumlah skor rata-rata 31 dengan kriteria baik dan pada siklus II mendapat jumlah skor rata-rata 36 dengan kriteria sangat baik, (3) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh jumlah skor rata-rata 25,8 dengan kriteria baik dan pada siklsus II memperoleh jumlah skor rata-rata 29,5 dengan kriteria baik, Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar berupa keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SDN 13 Kapalo Koto Pauh. Saran penelitian ini adalah guru sebaiknya membiasakan menerapkan model Picture and Picture dalam pembelajaran menulis deskripsi sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa berupa keterampilan menulis deskripsi. Kata Kunci: menulis deskripsi, bahasa Indonesia, Picture and Picture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:02
Last Modified: 28 Feb 2023 03:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11099

Actions (login required)

View Item View Item