PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 50 KURANJI PADANG

Meri, Marlinda and Pebriyenni, Pebriyenni and rieke, alyusfitri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD NEGERI 50 KURANJI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (174kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri 50 Kuranji, Padang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 50 Kuranji, Padang pada tahun pelajaran 2017/2018. Sebanyak 55 orang siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda. Instrumen penelitian ini diperoleh melalui validitas, daya pembeda, indeks kesukaran dan Reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, rata-rata tes akhir kelas eksperimen yaitu 80,18, sedangkan kelas kontrol yaitu 60,07. Hasil analisis pada taraf nyata α = 0,05 menunjukan bahwa nilai t�����=3,95 dan t�� �=2,02. Sehingga didapat t�����> t�� � berarti H� diterima dan H� ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS dikelas IV SD Negeri 50 Kuranji, Padang. Melihat hasil penelitian ini, maka model Picture and Picture dapat diterapkan dan dikembangkan dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-kata Kunci: IPS, Model Pembelajaran Picture and picture, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:07
Last Modified: 28 Feb 2023 03:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11100

Actions (login required)

View Item View Item