PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH KECAMATAN KOTO TANGAH

Putri, Wulandari and Zulfa, Amrina and Daswarman, Daswarman (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEMS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 34 AIR PACAH KECAMATAN KOTO TANGAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (34kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Open Ended Problems terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 34 Air Pacah Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 34 Air Pacah yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 49 siswa. Penentuan kelas sampel dengan menggunakan total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan acak, sehingga di dapatkan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes essay. Data didapatkan dari pengujian uji-t. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar matematika pada kelas eksperimen yaitu sebesar 80,83 dan pada kelas kontrol yaitu 73,2. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 1,846 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Karena thitung > ttabel dengan demikian hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Open Ended Problems terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 34 Air Pacah. Melihat model pembelajaran Open Ended Problems memberikan dampak yang positif terhadap hasil belajar matematika siswa, maka hendaklah guru menggunakan model pembelajaran ini. Kata Kunci: Open Ended Problems, Hasil Belajar, Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:44
Last Modified: 28 Feb 2023 03:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11110

Actions (login required)

View Item View Item