PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA SISWA KELAS V SDN 28 KINALI

SISKA, SELFI NOVIA and Muhammad, Sahnan and Zulfa, Amrina (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGPADA SISWA KELAS V SDN 28 KINALI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (164kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pengalaman penulis dalam mengajar di Sekolah Dasar (SD) Negeri 28 Kinali Pasaman Barat dengan hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan karena siswa tidak mampu mengaitkan pembelajarannya dengan kehidupan mereka sehari-hari, sehingga siswa kurang mampu mengkontruksi pengetahuannya dengan baik. Rendahnya hasil belajar siswa ini juga disebabkan oleh pembelajaran di sekolah masih berpusat pada guru, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang berkolaboratif dengan teman sejawatnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan metode atau pendekatan pembelajaran yang baru, salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembeljaran CTL. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan pembelajaran CTL.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan pembelajaran CTL. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus pada siswa kelas V SDN 28 Kinali dengan jumlah siswa 20 orang, pada setiap siklus dilakukan 3 kali pertemuan, dimana setiap akhir siklus peneliti melakukan evaluasi dan refleksi untuk melihat bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran, serta melihat bagaimana hasil belajar yang diperoleh. Data aktivitas siswa dan guru dilihat dari lembar observasi yang diambil pada setiap pertemuan, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dari tes yang dilakukan pada setiap akhir siklus.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru dan aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, dimana rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 61,97% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77,27%. Selain aktivitas, hasil belajar siswa juga meningkat, dimanarata-rata ketuntasan siswa pada siklus I adalah 65% sedangkan pada siklus II sebesar 85%. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, CTL

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:23
Last Modified: 28 Feb 2023 06:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11134

Actions (login required)

View Item View Item