PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 AIR PACAH

Suci, Al Muhayani and Muhammad, Sahnan and rona, taula Sari (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 09 AIR PACAH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (247kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V,DP.pdf

Download (199kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari penerapan model pembelajaran Inside Outside Circleterhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDNegeri 09 Air Pacah. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V di SDNegeri 09 Air Pacah pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 69 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel diambil berdasarkan pertimbangan peneliti dengan mengamati ketuntasan nilai ulangan harian I siswa pada ketiga kelas. Berdasarkan pertimbangan peneliti, didapatkan hasil ulangan harian I siswa yang tuntas di dalam pembelajaran IPS lebih banyak terdapat pada kelas V-C.Kelas V-C dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas V-B sebagai kelas eksperimen.Hasil belajar pada ranah kognitif dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Sehingga diperoleh hasil belajar siswa pada kelas kelas eksperimen (rata-rata 86,59), kelas kontrol (rata-rata 76,74). Data dalam penelitian berupa tes akhir selanjutnya diolah dengan uji t. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh t�����2,916 dant�� �2,017. Setelah dilakukan perbandingan maka t����� > t�� � ( 0,05)dengan demikian �� diterima. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle terhadap hasil belajar pada aspek kognitif siswa kelas V SD Negeri 09 Air Pacah.Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle, sebagai salah satu model dalam pembelajaran IPS di seluruh siswa tingkat Sekolah Dasar. Kata kunci : Pembelajaran IPS, Model pembelajaran Inside Outside Circle, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:45
Last Modified: 28 Feb 2023 06:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item