PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 30 AIR DINGIN

Suryati, Mustika and Fazri, Zuzano and Siska, Angreni (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 30 AIR DINGIN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (195kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SDN 30Air Dingin. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 30 Air Dingin tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas A yang berjumlah 27 siswa dan kelas B yang berjumlah 28 siswa. Dua kelas ini yang nantinya akan dijadikan sebagai kelas sampel pada penelitian. Untuk pengambilan sampel dilakukan secara random setelah dilakukannya uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata terhadap populasi. Dalam penelitian didapatkan kelas V.a sebagai kelas eksperimen dan kelas V.b sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini menggunakan tes hasil belajar siswa. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SDN 30 Air Dingin. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 3,282 dan t(0,95;50) = 1,675 pada taraf nyata 0,05. Karena didapat ������� > �(�, !;!�)artinya hipotesis H� ditolak, sehingga dapat disimpulkan hipotesis kerja H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas V SDN 30 Air Dingin. Penulis menyarankan agar guru dapat menggunakan model pembelajaran Discovery Learning sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Discovery Learning, hasil belajar dan matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:54
Last Modified: 28 Feb 2023 06:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11138

Actions (login required)

View Item View Item