PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SISWA KELAS IV SDN 16 TAPAN

VANDA, SATRIANA and Fazri, Zuzano and MARSIS, MARSIS (2018) PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF TIPE LEARNING TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA SISWA KELAS IV SDN 16 TAPAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengalaman penulis selama mengajar matematika di kelas IV SDN 16 Tapan. Pembelajaran biasa yang penulis terapkan dengan menjelaskan materi, berikan contoh, dan berikan soal untuk dikerjakan kemudian berikan PR. Metode seperti ini yang selalu penulis gunakan dalam mengajar matematika, ternyata tidak mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan pembelajaran aktif tipe learning tournament, dalam pembelajaran aktif tipe learning tournamentsiswa tidak hanya duduk mendengarkan penjelasan guru, mereka dapat berdiskusi untuk memahami materi, selain itu persaingan atau kompetisi juga menjadi bagian dari pembelajaran aktif, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat siswa untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah penerapan pembelajaran aktif tipe Learning Tournament dapat meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN 16 Tapan dan apakah penerapan pembelajaran aktif tipe Learning Tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SDN 16 Tapan”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakasanakan kepada siswa kelas IV SDN 16 Tapan di semester genap tahun pelajaran 2017/2018, dengan materi pokok penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dimana masing – masing siklus dilaksanakan 2 (dua) pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I terdapat 66,7% siswa yang aktif mencatat ringkasan,27,8% siswa yang aktif bertanya,27,8% siswa yang aktif menjawab pertanyaan, 72,2% siswa yang aktif mengerjakan latihan, 55,6% siswa yang aktif bekerjasama,5,6% siswa aktif mempresentasikan hasil kerja dan 38,9% siswa aktif membuat kesimpulan diakhir pembelajaran dan pada siklus II terdapat 88,9% siswa yang aktif mencatat ringkasan,77,8 % siswa yang aktif bertanya,77,2% siswa yang aktif menjawab pertanyaan,100% siswa yang aktif mengerjakan latihan, 94,4% siswa yang aktif bekerjasama, 16,7% siswa aktif mempresentasikan hasil kerja dan 83,3% siswa aktif membuat kesimpulan diakhir pembelajaran.Hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran aktif tipe learning tournament mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.Hal ini terlihat dari persentase siswa yang tuntas ulangan harian pada siklus I 27,78% meningkat menjadi 88,89% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:51
Last Modified: 28 Feb 2023 07:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11159

Actions (login required)

View Item View Item