PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 LABAN KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Vanessa, Elektra and Hendra, Hidayat and rieke, alyusfitri (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 LABAN KECAMATAN IV JURAI KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (209kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang pembelajarannya menggunakan penerapan model pembelajaran Modelling The Way lebih baik dari pada hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa yang menggunakan pembelajaran metode konvensional pada siswa kelas V SD Negeri 14 Laban Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan tahun akademik 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri dari 2 kelas sehingga teknik pemilihan sampel menggunakan total sampling. Dalam penelitian ini kelas eksperimen adalah kelas V A sedangkan kelas kontrol adalah kelas V B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 17.0. Hasil penelitian siswa menggunakan Modelling The Way memiliki hasil belajar rata-rata 82,5 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 72,22 dan probabilitas / signifikansi sig = 0,157 dengan taraf nyata 0,05 berarti probabilitas / signifikansi sig lebih besar dari 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan penerapan model pembelajaran Modelling The Way lebih baik dari pembelajaran konvensional di kelas V SD N 14 Laban Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Oleh karena itu guru dapat menerapkan model pembelajaran Modelling The Way untuk meningkatkan hasil belajar di semua bidang mata pelajaran. kata kunci: Model Pembelajaran Modelling The Way, Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:58
Last Modified: 28 Feb 2023 07:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11164

Actions (login required)

View Item View Item