PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATIONDI SDN 02 LUNANG

Wetri, Sofia and Pebriyenni, Pebriyenni and Hendrizal, Hendrizal (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATIONDI SDN 02 LUNANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru pada saat pembelajaran yang dominan menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pengetahuan siswa, dan aspek afektif siswa kelas IV pada pembelajaran IPS materi tentang semangat kepahlawanan dan cinta tanah air di SDN 02 Lunang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa lembaran kegiatan guru, lembar observasi aspek afektif siswa, dan lembar tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa. Hasil penelitian dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui teknik group investigation. Pemahaman pada siklus I adalah 63,6% dan mengalami peningkatan pada siklus II adalah 86,85%. Rata-rata aspek afektif siswa pada siklus I yaitu 30,34% dan meningkat pada siklus II yaitu 86%. Dapat disimpulkan, melalui teknik group investigation dapat ditingkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV. Peneliti menyarankan agar guru dapat memilih dan menggunakan teknik group investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Kata kunci: Hasil Belajar, IPS, Group investigation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:31
Last Modified: 28 Feb 2023 08:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11171

Actions (login required)

View Item View Item