PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DI SDN 24 KOTO PANJANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Yuli, Wardi and Zulfa, Amrina and Muhammad, Sahnan (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DI SDN 24 KOTO PANJANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (814kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (212kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV melalui model Problem Solving di SDN 24 Koto Panjang Kabupaten Pesisir Selatan, dengan subjek siswa sebanyak 24 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penilitian ini menggunakan 2 intrumen penelitian, lembar observasi guru dan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I (41,65%) menjadi (70,84%) pada siklus II. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus I (rata-rata 62,08 dengan ketuntasan 58,33%) menjadi (rata-rata 69,83 dengan ketuntasan 70,83%) pada siklus II. Hal ini dapat disimpulkan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar dalam penerapan model Problem Solving, sebaiknya guru untuk lebih mengembangkan model agar pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Hasil Belajar, Matematika, Problem Solving.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:52
Last Modified: 28 Feb 2023 08:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item