engli, putri and Nursyaifi, Yulius (2023) ANALISIS RISIKO PASAR TERHADAP PRODUK BARU DI PT. XY. Diploma thesis, universitas bung hatta.
Text
FILE 1 ENGLI PUTRI.pdf Download (326kB) |
|
Text
BAB V, DP.pdf Download (117kB) |
|
Text
FILE 3 ENGLI PUTRI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
PT. XY merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan domestic, internasional, dan pergudangan. Untuk mencapai tujuan perusahaan dalam meningkatkan peluang bisnis, PT. XY melakukan inovasi produk house hold care yaitu produk sabun cuci piring. Produk house hold care di indonesia merupakan unit bisnis yang cukup berkembang pesat dan dinamis, mengingat pada saat ini produk home care atau produk kebersihan sangan menjadi prioritas pada masa pandemic, menjadikan peluang bisnis baik bagi perusahaan. Dalam pengembangan produk baru banyak risiko yang dapat terjadi, terutama pada risiko pasar. Produk baru selalu menghadapi dan berhubungan dengan risiko karena risiko melekat dalam proses bisnis dan merupakan potensi terjadinya kerugian. Maka diperlukan identifikasi risiko setelah peluncuran produk baru untuk mengetahui faktor risiko apa saja yang menyebabkan produk baru tidak sukses di pasar. Penilitian ini melakukan identifikasi risiko, penilian risiko dan mitigasi risiko. Untuk mencapai tujuan tersebut, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan pihak PT. XY serta melakukan penyebaran kuesioner hasil dari wawancara dengan pihak perusahaan. Dari hasil wawancara dan kuesioner terdapat 6 faktor risiko dan 29 variabel kejadian risiko. Setelah dilakukan pengumpulan data, selanjutnya akan dicari faktor yang paling kritis dan dianalisa menggunakan Relative Importance Indeks (RII). Dari analisa Relative Importance Indeks (RII) maka didapatkan hasil bahwa faktor paling kritis adalah faktor demand dengan nilai rata-rata RII sebesar 0,641dan variabel kejadian risiko paling kritis yaitu tinggkat Permintaan pasar yang tidak pasti dengan nilai RII sebesar 0,687. Setalah diketahui risiko paling kritis maka dilakukan Mitigasi risiko menggunakan metode PDCA untuk mengatasi dan memberi solusi tindakan perbaiakan, PDCA memiliki 4 tahapan Plan, Do, Check, dan Act. Dari solusi PDCA terhadap faktor risiko demand melakukan mitigasi risiko berupa tindak perbaikan dengan melakukan inovasi, serta perbaikan produk yang menyesuaikan kebutuhan konsumen dan melakukan analasis terhadap target pasar secara berulang dan melakukan penelitian terhadap demografi target pasar yang dituju.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Teknik Industri FTI |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 04:54 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 04:54 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11432 |
Actions (login required)
View Item |