Penggunaan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 47 Korong Gadang Kota Padang

Adilla, Malis and Siska, Angreni (2023) Penggunaan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 47 Korong Gadang Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, dll. BAB I, EDIT.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB PENUTUP, DP, EDIT.pdf

Download (132kB)
[img] Text
1. cover skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar menggunakan LKPD berbasis PjBL metode konvesional siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SD Negeri 47 Korong Gadang Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 47 Korong Gadang Kota Padang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas kontrol yang juga berjumlah 34 siswa. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberikan perlakuan pembelajaran dengan penggunaan LKPD berbasis PjBL, sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvesional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 soal. Berdasarkan analisis data dengan uji-t yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% diperoleh hasil perhitungan uji-t untuk data posttest diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu sebesar 9,26> 2,00. Jadi dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis PjBL memberikan perbedaan terhadap hasil belajar siswa. Pada hasil posttest kelas eksperimen 82,22 dan kelas kontrol 65,14. Saran pada peneliti selanjutnya agar menggunakan lembar observasi untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran saat kegiatan LKPD berbasis PjBL berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:22
Last Modified: 08 Mar 2023 04:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11647

Actions (login required)

View Item View Item