PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 07 GURUN LAWEH

Setia Nasrul, Hikmah and syukma, netti (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 07 GURUN LAWEH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (67kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (488kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI FUL REPOSITORY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SDN 07 GURUN LAWEH Hikmah Setia Nasrul1, Syukma Netti1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : Hikmahnasrul15@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika. Kemampuan berpikir tingkat tinggi penting dimiliki, khususnya bagi siswa sekolah dasar karena kemampuan bertingkat tinggi dapat membantu siswa untuk mengasah logika, berpikir kritis serta dapat membuat siswa untuk mengonstruksi pengetahuan yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Berdasarkan observasi aktivitas guru saat pembelajaran pada siklus I diperoleh dengan rata-rata presentase 79,1 % pada kategori baik dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata presentase 88,5 % pada kategori sangat baik. Berdasarkan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada siklus I diperoleh dengan presentase 42,11 % dan pada siklus II meningkat menjadi 63,15 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share berbantu LKPD pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas IV A SDN 07 Gurun Laweh. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Model Pembelajaran Think Pair Share dan Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:41
Last Modified: 07 Mar 2023 08:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11673

Actions (login required)

View Item View Item