PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS III UPT SDN 08 KOTO BERAPAK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Egalian, Pebriana and Arlina, Yuza (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS III UPT SDN 08 KOTO BERAPAK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (543kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI EGALIAN PEBRIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, dikarenakan guru belum menggunakan pendekatan pembelajaran yang cocok dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Realistic Mathematics Education di kelas III UPT SDN 08 Koto Berapak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing�masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, pada setiap pertemuan diakhiri dengan tes akhir siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III UPT SDN 08 Koto Berapak Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada semester genap tahun akademik 2022/2023. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari persentase hasil belajar data awal adalah 30% kemudian dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 50% dan dilaksanakan siklus II meningkat menjadi 80%. Presentase observasi aktivitas guru pada siklus I 73,21 dan pada siklus II 89,28. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas III UPT SDN 08 Koto Berapak. Untuk itu, disarankan untuk menggunakan pendekatan RME pada materi pelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:35
Last Modified: 08 Mar 2023 02:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11769

Actions (login required)

View Item View Item