UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MEKAH SD IT NURUL IKHLAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RAK TELUR WARNA

Aprilia, Sukma and Arlina, Yuza (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I MEKAH SD IT NURUL IKHLAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA RAK TELUR WARNA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (964kB)
[img] Text
KESIMPULAN, SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (516kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI APRILIA SUKMA 1910013411182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas I Mekah SD IT Nurul Ikhlas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas I Mekah SD IT Nurul Ikhlas dengan menggunakan media rak telur warna. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yaitu aktivitas penelitian yang dilakukan terhadap beberapa mata pelajaran yaitu siswa, yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi belajar di dalam kelas yang berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I Mekah SD IT Nurul Ikhlas, yang terdaftar pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 9 orang siswa perempuan. Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas I Mekah SD IT Nurul Ikhlas menggunakan media rak telur warna dengan presentase ketuntasan 69,5% pada siklus I meningkat menjadi 87% pada siklus II. Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran matematika melalaui media rak telur warna mengalami peningkatan dan dapat dikatakan sangat baik, karena telah mencapai target indikator keberhasilan 75%. Peneliti menyarankan dalam penggunaan media rak telur warna hendaknya guru memperhatikan posisi duduk siswa selama proses mendemonstrasikan media rak telur warna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:41
Last Modified: 08 Mar 2023 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item