PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK CIPTA FILM ATAS KEGIATAN PEMBAJAKAN FILM YANG DITAYANGKAN TANPA IZIN PADA WEBSITE ILEGAL ATAU TELEGRAM

Fatwa Alfajri, Wawa (2023) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI PEMEGANG HAK CIPTA FILM ATAS KEGIATAN PEMBAJAKAN FILM YANG DITAYANGKAN TANPA IZIN PADA WEBSITE ILEGAL ATAU TELEGRAM. Other thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover Fatwa Alfajri.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Fatwa Alfajri.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV Fatwa Alfajri.docx

Download (34kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Fatwa Alfajri.docx

Download (34kB)
[img] Text
Skripsi Fatwa Alfajri (fix).docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Hak Cipta terkait Pembajakan Film di Aplikasi Telegram dan Website. Pilihan tema dilatarbelakangi karena banyaknya pembajakan film yang terjadi khsususnya diaplikasi Telegram. Penulisan skripsi ini mengangkat rumusan masalah: (1) Apa bentuk perlindungan hukum bagi pemegang hak cipta film atas pembajakan pada perfilman di website dan telegram? (2) Faktor apa yang menjadi hambatan dalam proses penegakan hukum hak cipta terkait pembajakan film yang terjadi di website dan telegram? (3) Upaya hukum apa yang dapat dilakukan oleh pemegang hak cipta film yang dibajak melalui website dan telegram? Jenis penelitian hukum normatif. Sumber data yang digunakan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan studi dokumen. Hasil dari penelitian ini masyarakat dapat memahami perlindungan hak cipta dalam bentuk Preventif yang dilakukan pemerintah ialah dengan memberikan perlindungan hukum dengan cara memblokir website atau channel telegram yang melakukan pembajakan, dan Represif upaya penyelesaian sengketa, dapat melalui penyelesaian sengketa abritrase atau pengadilan. Serta faktor yang menjadikan pelaku pembajakan menggunakan aplikasi telegram karena pembajak menganggap telegram sangat mudah digunakan, bebas dan tidak terlalu ada pengawasan dalam pembuatan channel. Upaya yang bisa dilakukan oleh pemegang hak cipta yang dibajak dengan mengajukan pengaduan kepada polisi/penyidik terkait penggandaan atau pembajakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:07
Last Modified: 08 Mar 2023 04:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11799

Actions (login required)

View Item View Item