PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN 32 GURUN PANJANG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Bunda, Putri Permata and rieke, alyusfitri (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN 32 GURUN PANJANG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRACK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
COVER (1).pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI SDN 32 GURUN PANJANG KEC. BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN Putri Permata Bunda1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email :putripermatabunda8@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sulitnya siswa memahami materi pembelajaran matematika sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 32 Gurun Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di SDN 32 Gurun Panjang Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 32 Gurun Panjang yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 33 siswa. Penentuan kelas sampel dengan menggunakan total sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu secara acak. Setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata maka didapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan adalah data hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, tes yang digunakan yaitu tes berupa essay. Hasil penelitian pada hasil belajar matematika siswa menunjukkan rata rata hasil belajar kelas VA sebagai kelas eksperimen yaitu 81,1 dan pada kelas VB sebagai kelas kontrol yaitu 70,15. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t yang menunjukan bahwa t_(hitung )>t_(tabel ), dengan〖 t〗_(hitung )sebesar 1,7 dan t_(tabel )sebesar 1,696 pada taraf nyata signifikan 0,05. Ini artinya hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas V SDN 32 Gurun Panjang. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya, penggunaan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat divariasikan dalam penggunaannya pada proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:51
Last Modified: 08 Mar 2023 03:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11879

Actions (login required)

View Item View Item