Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Menggunakan Pendekatan TPACK Melalui Model Problem Based Learning di SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang

Dijja, Nurul Aypa and rieke, alyusfitri (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Menggunakan Pendekatan TPACK Melalui Model Problem Based Learning di SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
UNTUK REPOSITORI PAS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (34kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN REPO.pdf

Download (432kB)
Official URL: https://www.cerdas.bunghatta.ac.id/index.php/jcp

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika di kelas IV A SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan dari hasil belajar siswa kelas IV A SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang menggunakan pendekatan TPACK melalui model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV A SDN 06 Kampung Lapai yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas guru siklus I dengan rata-rata persentase 82% dan meningkat di siklus II menjadi 92%. Berdasarkan perolehan persentase ketuntasan siswa di siklus I sebesar 74% dan siklus II sebesar 81%. Sehingga penggunaan pendekatan TPACK melalui model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV A SDN 06 Kampung Lapai, Kota Padang Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menjadikan pendekatan TPACK melalui model problem based learning menjadi salah satu pendekatan dan model yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Hasil Belajar; TPACK; Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar; TPACK; Problem Based Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:55
Last Modified: 08 Mar 2023 03:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11886

Actions (login required)

View Item View Item