MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL (LATIHAN)KELAS II SDN 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG

Rahmadya, Puti Nuraini and Azkiya, Hidayati (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA MENGGUNAKAN METODE DRILL (LATIHAN)KELAS II SDN 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-PENGESAHAN-DAFTAR ISI (PUTI 19-126).pdf

Download (817kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN (PUTI NURAINI 19-126).pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB 5 OK.pdf

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN (PUTI 19-126).pdf

Download (147kB)
[img] Text
SKRIPSI PUTI NURAINI RAHMADYA (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis siswa di kelas IIA SDN 08 Surau Gadang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru cenderung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab di dalam kelas, sehingga siswa kurang tertarik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIA SDN 08 Surau Gadang yang berjumlah 25 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar penilaian siswa, dan lembar tes akhir siklus. Presentase lembar aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil 75% dengan kriteria baik dan siklus II sebesar 84% dengan kriteria sangat baik. Presentase lembar aktivitas siswa pada siklus I yaitu 53,6% dengan kriteria cukup aktif dan meningkat pada siklus II sebesar 74% dengan kriteria aktif. Presentase hasil belajar siswa siklus I diperoleh 66,14% dan pada siklus II 77,38% Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Drill dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:12
Last Modified: 08 Mar 2023 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11891

Actions (login required)

View Item View Item