PENGARUH STRATEGI JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 20 KURAO PAGANG PADANG

Rosa, Atika Hanum Dn and Yulfia, Nora (2023) PENGARUH STRATEGI JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SD NEGERI 20 KURAO PAGANG PADANG. Diploma thesis, Universita Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (287kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
SKRIPSI ROSA ATIKA HANUM DN 19-164.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi joyfull learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 20 Kurao Pagang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 20 Kurao Pagang Padang. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen sebesar 86 dan pada kelas kontrol yaitu 70,740. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan t hitung> t tabel dengan nilai t hitung 3,959 dan nilai t tabel 2,014 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Negeri 20 Kurao Pagang Padang dengan menggunakan strategi joyfull learning dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Penulis memberikan saran agar dapat menggunakan strategi joyfull learning pada proses pembelajaran dengan tahap pelaksanaan yang baik sehingga mencapai hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:15
Last Modified: 08 Mar 2023 04:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11894

Actions (login required)

View Item View Item