UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LUBUK ALUNG

Elfeta, Resa and Amrina, Zulfa and Susi, Herawati (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING SISWA KELAS V SD NEGERI 02 LUBUK ALUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Bab Pendahuluan.pdf

Download (654kB)
[img] Text
Bab Kesimpulan dan Saran.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Skripsi Full Teks Resa Elfeta.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan penerapan model Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri 02 Lubuk Alung. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan tes akhir siklus. Perolehan nilai observasi aktivitas guru pada proses pembelajaran siklus I dan II memperoleh nilai akhir 100 dengan predikat sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui model Problem Solving mengalami peningkatan. Hasil tes pada siklus I menunjukkan 60,7% (17 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kategori skor kemampuan menyelesaikan soal cerita, sedangkan pada siklus II terdapat 75% (21 siswa) dari jumlah siswa yang mencapai kategori skor kemampuan menyelesaikan soal cerita. Hal ini menunjukkan model Problem Solving terbukti dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika untuk siswa kelas V SD Negeri 02 Lubuk Alung. Saran yang diberikan, pembelajaran model Problem Solving dapat menjadi sebuah alternatif untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa supaya hasil nilai yang diperoleh siswa memuaskan. Kata kunci : Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita, Problem Solving, Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:47
Last Modified: 08 Mar 2023 08:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item View Item