PERTANGGUNGJAWABAN PT. INDAH CARGO CABANG PASAMAN BARAT SEBAGAI EKSPEDITUR KEPADA KONSUMEN ATAS KETERLAMBATAN DAN KERUSAKAN BARANG

Maulidya Alifa Landra, Maulidya and Suamperi, Suamperi and Prima, Resi Putri (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PT. INDAH CARGO CABANG PASAMAN BARAT SEBAGAI EKSPEDITUR KEPADA KONSUMEN ATAS KETERLAMBATAN DAN KERUSAKAN BARANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI NIHHH 1 ( bismillah ) FIX BANGET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] Text
COVER SAMPAI LATAR BELAKANG.pdf

Download (689kB)
[img] Text
SIMPULAN SARAN DAFTAR ISI-1.pdf

Download (402kB)

Abstract

Pemerintah Indonesia telah mengatur dan menjelaskan hak yang harus dipenuhi dan didapatkan oleh konsumen apabila mengalami kerugian. Diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Tetapi masih terdapat peristiwa hukum yang terjadi pada jasa ekspedisi pengiriman barang, salah satunya kerusakan barang yang masih kurang ditanggapi oleh perusahaan. Akibatnya konsumen merasa dirugikan karena barang yang dibutuhkan dalam waktu dekat rusak. Sehingga konsumen harus membeli kembali dan menunggu barang datang sehingga pekerjaan yang seharusnya dikerjakan lebih cepat menjadi terbengkalai. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian terhadap hal tersebut dengan mengambil rumusan masalah yang akan diteliti yaitu (1) Bagaimana bentuk penyelesaian atas keterlamabatan barang dan kerusakan barang oleh PT. Indah Cargo Cabang. Pasaman Barat? (2) Bagaimana tanggung jawab PT. Indah Cargo Cabang. Pasaman Barat atas Keterlambatan dan kerusakan barang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum secara sosiologis, atau sering juga disebut penelitian lapangan. Penelitian ini dilakukan karena hendak mengetahui penyelesaian dan pertanggungjawaban PT. Indah Cargo Cabang Pasaman Barat sebagai ekspeditur kepada konsumen atas kerusakan dan keterlambatan barang. Barang yang terlambat akan dihubungi kantor cabang untuk memberikan konfirmasi barang tersebut terlambat pengiriman dan akan segera dilakukan pengiriman, barang yang rusak atas kelalaian pihak PT. Indah Cargo akan di pertanggungjawabkan dengan cara ganti rugi sesuai dengan harga barang ataupun dengan barang yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 09 Mar 2023 02:20
Last Modified: 09 Mar 2023 02:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12001

Actions (login required)

View Item View Item