UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 14 PEMATANG PANJANG MELALUI MODEL PEMMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)

Tajuba, Piomaliche and Jusar, Ira (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 14 PEMATANG PANJANG MELALUI MODEL PEMMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i.pdf

Download (551kB)
[img] Text
ii.pdf

Download (362kB)
[img] Text
iii.pdf

Download (302kB)
[img] Text
file Skripsi Piomaliche Salsa Tajuba.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 14 Pematang Panjang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 14 Pematang Panjang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana pada setiap siklusnya dilaksanakan 2 pertemuan sedangkan tes dilakukan di akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 14 Pematang Panjang yang berjumlah 13 orang. 5 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar keaktifan siswa, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada siswa kelas IV SDN 14 Pematang Panjang pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 61% dan pada siklus II menjadi 75,4%. Persentase peningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I 69% dan pada siklus II menjadi 100%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat dijadikan sebagai model pembelajaran untuk diterapkan pada saat pembelajaran matematika sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:07
Last Modified: 09 Mar 2023 04:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12014

Actions (login required)

View Item View Item