UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIKELAS IV D SD NEGERI 03 ALAI PADANG

Vinny, Berliana Musmalinda and Zulfa, Amrina (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIKELAS IV D SD NEGERI 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER DLL.docx

Download (515kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.docx

Download (83kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.docx

Download (79kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (75kB)
[img] Text
FULL TEXT.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya komunikasi siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya pencapaian KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang diraih oleh para peserta didik kelas IV D SD Negeri 03 Alai Padang pada mata pelajaran matematika, sehingga perlu untuk segera dilakukan perbaikan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk memperbaiki permasalahan tersebut. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV D SD Negeri 03 Alai Padang dan model penelitiannya adalah penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika. Data hasil penelitian diperoleh dari tes, observasi. Penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Arikunto. Dari hasil penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi presentase pada siklus I adalah 56,8%, pada siklus II presentase mencapai 91,78%, sehingga kemampuan komunikasi sudah meningkat dan dapat dikatakan sangat baik, sedangkan presentase aktivitas guru pada siklus I yaitu 85,62%, pada siklus II presentase mencapai 95,63%, maka dari pada itu aktivitas yang dilakukan guru meningkat dan hasil belajar matematika rata-rata pada siklus I adalah 56,19, pada siklus II presentase mencapai 84,25 sehingga hasil belajar siswa sudah meningkat dan dapat dikatakan baik. Diharapkan komunikasi lebih aktif dalam proses pembelajaran karena keaktifan siswa dalam pembelajaran akan membantu siswa untuk lebih memahami materi,Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti memberikan saran bagi guru untuk menggunakan metode Contextual Teaching And Learning dalam pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:41
Last Modified: 09 Mar 2023 04:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12015

Actions (login required)

View Item View Item