PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 03 TANJUANG BUNGO PAYAKUMBUH

Beti, Islami and Enjoni, Enjoni (2023) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN 03 TANJUANG BUNGO PAYAKUMBUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (766kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (225kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 03 Tanjuang Bungo Payakumbuh. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme kelas IV SDN 03 Tanjuang Bungo Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 03 Tanjuang Bungo yang berjumlah 14 Orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aspek guru, dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa persentase observasi aspek guru yaitu 74,9% pada siklus I meningkat menjadi 83,9% pada siklus II. Pada lembar tes hasil belajar siswa, rata-ratanya meningkat dari 73,46 pada siklus I meningkat menjadi 78,9 pada siklus II. Lalu pada persentase ketuntasan yang persentasenya 59,48% pada siklus I meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Penggunaan pendekatan konstruktivisme disarankan diterapkan pada pembelajaran ipa untuk meningktkan hasil belajar siswa. Disarankan kepada peneliti lain untuk menerapkan dan meneliti lebih luas terkait pendekatan konstruktivisme. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 03 Tanjuang Bungo Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:08
Last Modified: 09 Mar 2023 07:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12019

Actions (login required)

View Item View Item