Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Course Review Horay pada Siswa Kelas V SDN 27 Batu Bulek Kabupaten Tanah Datar.

Aljefri, Aljefri and Risa, Yulisna (2023) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Model Course Review Horay pada Siswa Kelas V SDN 27 Batu Bulek Kabupaten Tanah Datar. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, PENGESHAAN, ABSTRAK DAFTAR ISI ALJEFRI (1).pdf

Download (344kB)
[img] Text
ii. PENDAHULUAN ALJEFRI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
iii. BAB 5 ALJEFRI.pdf

Download (296kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP ALJEFRI_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY PADA SISWA KELAS V SDN 27 BATU BULEK KABUPATEN TANAH DATAR AljefriĀ¹, Risa Yulisna2 1)Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: aljefri9845@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 27 Batu Bulek Kabupaten Tanah Datar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa melalui model Course Review Horay di SDN 27 Batu Bulek Kabupaten Tanah Datar. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Jumlah siswa kelas V 15 orang, instrumen yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran oleh guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 27 Batu Bulek Kabupaten Tanah Datar. Berdasarkan analisis data lembar aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor persentase rata-rata klasikal 65,33 kriteria baik dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 skor persentase rata-rata klasikal 69,3 kriteria baik. Analisis data lembar aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 diperoleh skor persentase rata-rata klasikal 78,66 kriteria baik sekali dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 skor persentase rata-rata klasikal 80 kriteria baik sekali. Berdasarkan tes hasil belajar siswa diperoleh rata-rata pada siklus I dan II adalah 84,33 kriteri baik sekali menjadi 92 kriteria baik sekali. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 27 Batu Bulek Kabupaten Tanah Datar setelah menggunakan model Course Review Horay. Kata Kunci: Bahasa Indonesia, Hasil Belajar, Model Course Review Horay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:47
Last Modified: 09 Mar 2023 06:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12026

Actions (login required)

View Item View Item