Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Kelas V SDN 02 PPA Kota Solok.

Nopita, Sari and Wirnita, Eska (2023) Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning (PBL) pada Kelas V SDN 02 PPA Kota Solok. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover, halaman pengesahan.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
kesimpulan saran dan daftar pustaka.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB 1-5 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan membaca siswa kelas V SDN 02 PPA Kota Solok, disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk membaca. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model problem based learning (PBL) dan mendeskripsikan peningkatan hasil nilai belajar keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model problem based learning (PBL) pada kelas V di SDN 02 PPA Kota Solok. Kelas V SDN 02 PPA Kota Solok. Teori yang digunakan dalampenelitian ini adalah teori membaca dengan model Problem Based Learning (PBL) dikemukakan oleh Shoimin (2016). Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Arikunto, dkk (2017). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN PPA kota solok, yang berjumlah 30 orang. Instrument penelitian ini adalah lembar obsevasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan presentase. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata Peresentase aktivitas guru siklus I sebesar 70,00% meningkat pada siklus II menjadi 92,00%. Pada aktivitas siswa rata-rata presentasenya siklus I sebesar 66,66 % meningkat pada siklus II menjadi 95,83%, presentase rata-rata tes hasil belajar siklus I sebesar 75,66% meningkat pada siklus II menjadi 85,00%. Kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Peroblem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan ketrampilan siswa dalam membaca.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:19
Last Modified: 09 Mar 2023 07:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12040

Actions (login required)

View Item View Item