UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DI KELAS V SD NEGERI 09 KOTO RAJO KAB. PASAMAN

Yuzahni, Eza and Alyusfitri, Rieke (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS DI KELAS V SD NEGERI 09 KOTO RAJO KAB. PASAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover (2).pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (315kB)
[img] Text
SKRIPSI EZA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 09 Koto Rajo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan sedangkan tes dilakukan diakhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 09 Koto Rajo yang berjumlah 17 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi keaktifan siswa, dan lembar tes hasil belajar. Hasil penelitian memperlihatkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 73,47 persentase ketuntasan 58,82%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 82,82 persentase ketuntasan 77%. Persentase keaktifan siswa pada siklus II pertemuan II yaitu pada aspek bertanya terdapat 71%, keberanian dengan persentase 82%, partisipasi mencapai 94%, kreativitas 71%, dan Kemandirian 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V di SDN 09 Koto Rajo. Penulis memberikan saran agar dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments pada proses pembelajaran matematika sehingga keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:11
Last Modified: 09 Mar 2023 06:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12044

Actions (login required)

View Item View Item