Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 31 Payakumbuh

Sari, Rigel Prima and Gusmaweti, Gusmaweti (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 31 Payakumbuh. Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PENDAHULUAN SKRIPSI RIGEL PRIMA SARI 19-085.pdf

Download (625kB)
[img] Text
PENUTUP SKRIPSI RIGEL PRIMA SARI 19-085.pdf

Download (106kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI RIGEL PRIMA SARI 19-085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 31 Payakumbuh Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh model Problem based learning (PBL) berbantuan video terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPA siswa Kelas V SD Negeri 31 Payakumbuh, 2) Melihat hasil belajar psikomotor siswa dalam aspek bertanya dan menjawab pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 31 Payakumbuh. Jenis penelitian adalah eskperimen dengan desain “posttest-only control design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 31 Payakumbuh tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu Total Sampling. Hasil yang diamati adalah hasil belajar ranah kognitif dari tes akhir dan psikomotor dari observasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) rata-rata hasil belajar aspek kognitif pada kelas eksperimen 82,43 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 73,03. Secara uji statistik thitung > ttabel yaitu 2,298 > 2,012 dengan demikian H1 diterima, 2) rata-rata hasil belajar aspek psikomotor pada indikator bertanya kelas eksperimen 65,32% lebih tinggi dari kelas kontrol 59,48%. Indikator menjawab pertanyaan kelas eksperimen 83,06% juga lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol 75%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 31 Payakumbuh Tahun Ajaran 2022/2023. Dapat disarankan kepada guru model Problem Based Learning berbantuan video diharapkan dapat dipergunakan sebagai inovasi serta penyempurnaan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:48
Last Modified: 09 Mar 2023 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12054

Actions (login required)

View Item View Item