PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA IKLAN MEDIA CETAK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG

Nita Fadhila YS, Nita Fadhila and Dr. Wirnita Eska, M.M., Dr. Wirnita Eska, M.M. (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA IKLAN MEDIA CETAK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
i. COVER, PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI NITA FADHILA YS.pdf

Download (287kB)
[img] Text
i. PENDAHULUAN NITA FADHILA YS.pdf

Download (328kB)
[img] Text
iii. BAB V NITA FADHILA YS.pdf

Download (324kB)
[img] Text
NITA FADHILA YS SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA IKLAN MEDIA CETAK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS V SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG Nita Fadhia YS1, Wirnita Eska2 1) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas BungHatta E-mail: nitafadhila159@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca siswa di kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran berlangsung guru kurang memotivasi siswa sehingga siswa kurang tertarik untuk membaca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan nilai hasil belajar keterampilan membaca iklan media cetak berbasis model Problem Based Learning (MPBL). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca dengan model Problem Based Learning (MPBL) . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakasanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo Padang yang berjumlah 26 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan membaca siswa, lembar aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru. ketuntasan hasil belajar keterampilan membaca siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 38,46% dengan rata-rata hasil belajar 68,07 dan meningkat pada siklus II sebesar 80,76% dengan rata-rata hasil belajar 82,30. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca menggunakan model PBL dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas V SD Negeri 04 Kampung Olo Padang. Kata Kunci : Keterampilan Membaca, MPBL, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 06:50
Last Modified: 09 Mar 2023 07:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12056

Actions (login required)

View Item View Item