Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman

Maghvira, AUDIA SALSABILA and Zulfa, Amrina (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN 05 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI MAGHVIRA AUDIA SALSABILA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV SDN 05 Enam Lingkung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 05 Enam Lingkung dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang berjumlah 19 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, rubrik penilaian kemampuan berpikir kritis siswa, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan pada setiap siklus, dimana pada siklus I persentase kemampuan berpikir kritis siswa 62,89%, mengalami peningkatan sebesar 22,89% di siklus II menjadi 85,78% yang termasuk dalam kategori Sangat Berpikir Kritis. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh rata-rata 71,52 dengan persentase ketuntasan 57,90%, pada siklus II meningkat dengan rata-rata 85,52 persentase ketuntasan 89,47%. Dari data yang diperoleh, dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 05 Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:59
Last Modified: 09 Mar 2023 07:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item