UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DI KELAS V B SDN 03 ALAI PADANG

Novitma, Risva and Zulfa, Amrina and Syafni, Gustina Sari (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DI KELAS V B SDN 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, halaman pengesahan, halaman persetujuan, abstrak, daftar isi, pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kesimpulan , saran, daftar pustakaa.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Fulltext.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V B SDN 03 Alai Padang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V B SDN 03 Alai Padang yang berjumlah 29 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi guru terhadap kegiatan pembelajaran dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata persentase aktivitas guru siklus I 68,41% dengan kriteria baik, dan pada siklus II mencapai 80,52% dengan kriteria sangat baik. Persentase kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapatkan minimal kategori baik pada siklus I ada 13 orang (44,82%), sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 21 orang (72,41%). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Missouri Mathematics Project di kelas V B SDN 03 Alai Padang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan agar model Missouri Mathematics Project dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 08:48
Last Modified: 09 Mar 2023 08:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item