PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL KELAS XI SMAN 2 KOTA SOLOK

Welfi, Welfi Aprilia Kurniati and Rita, Desfitri (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PROGRAM LINEAR DUA VARIABEL KELAS XI SMAN 2 KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (395kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (112kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru pada sekolah menengah pada umumnya masih menggunakan media konvensional sepeti: papan tulis, spidol, penggaris, dan buku paket dan belum ada menggunakan media yang berbasis teknologi. Pada saat proses pembelajaran metode yang digunakan yaitu metode ekspositori sehingga sebagian besar proses pembelajaran berpusat pada guru. Peserta didik juga tidak aktif dalam pembelajaran, hal ini terlihat dari kurangnya partisipasi peserta didik, banyaknya peserta didik yang tidak bertanya jika ada materi yang tidak peserta didik pahami ataupun peserta didik tidak menjawab jika guru mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-modul matematika berbasis Problem Based Learning pada materi Program Linear Dua Variabel yang valid dan praktis yang dapat digunakan di kelas XI SMAN 2 Kota Solok Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan menggunakan ADDIE yang memiliki 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Tetapi tahapan yang dilakukan adalah analysis, design, development, dan implementation. Pada tahap analysis, dilakukan observasi untuk mengetahui kendala yang ada di sekolah sehingga mengetahui apa yang dibutuhkan dan dikembangkan didalam sekolah. Pada tahap Design, merancang produk yang akan dikembangkan. Pada tahap Development, menentukan kevalidan produk yang dikembangkan sehingga layak untuk diuji cobakan. Kevalidan produk dinilai oleh ahli materi dan ahli media, dan validasi dilakukan sebanyak dua kali. Dan pada tahap Implementation, dilakukan uji coba produk yang telah dikembangkan kepada peserta didik kelas XI MIPA 1 di SMAN 2 Kota Solok. Pada uji coba produk di SMAN 2 Kota Solok, subjek penelitian ini adalah 10 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa E-modul dinyatakan valid dengan kriteria “valid” dari ahli materi sebesar 80% dan kriteria “valid” dari ahli media sebesar 80%. E-modul dinyatakan praktis dengan kriteria “sangat praktis” dari guru sebesar 88% dan E-modul dinyatakan praktis dengan kriteria “sangat praktis” dari peseta didik kelas XI MIPA 1 sebesar 92,2%

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 09:00
Last Modified: 09 Mar 2023 09:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item View Item