PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 03 ALAI PADANG

Sarmila, jamal and Ade, Sri Madona (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 03 ALAI PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
SKRISI cover-pendahuluan.pdf

Download (320kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V-PERPUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text
SKRIPSI Sarmila jamal 19-030 FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaraPKn di SDN 03 Alai Padang. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar kognitif (C1) dan (C2) siswa kelas IV pada pembelajaran PKn melalui model problem based learning di SDN 03 Alai Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PKn. Hal ini dapat dinuktikan dari hasil observasi aktivitas guru, persentase ketuntasan dan peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata yang diperoleh guru sebesar 77,08%, pada siklus II rata-rata yang diperoleh guru meningkat menjadi 89,58%. Persentase ketuntasan aspek kognitif (C1) 64,28% sedangkan kognitif (C2) persentase ketuntasan yaitu 67,85% sehingga nilai rata-rata hasil tes belajar siklus I sebesar 77,14 persentase ketuntasan belajar aspek kognitif (C1) meningkat menjadi 75% sedangkan aspek kognitif (C2) juga mengalami peningkatan persentase ketuntasan belajar menjadi 96,42% sehingga nilai rata-rata hasil tes belajar siklus II mencapai 90,08 dan rata-rata dari kedua siklus yaitu 83,57. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model problem based learning terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SDN 03 Alai Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 02:24
Last Modified: 10 Mar 2023 02:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12163

Actions (login required)

View Item View Item