PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 23 UJUNG GURUN KOTA PADANG

Landriana, Suci and Ade, Sri Madona (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SDN 23 UJUNG GURUN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SUCI.pdf

Download (850kB)
[img] Text
ABSTRAK SUCI.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SUCI.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB I SUCI.pdf

Download (375kB)
[img] Text
BAB V SUCI(1)(1).pdf

Download (279kB)
[img] Text
ilovepdf_merged(4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kota Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran cenderung terpusat pada guru dan proses pembelajaran PKn yang disajikan kurang kreatif dan menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 23 Ujung Gurun Kota Padang yang berjumlah 21 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil Observasi aktivitas guru, persentase ketuntasan dan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata skor yang diperoleh melalui guru yaitu, 72,5% dengan kategori Baik dan pada siklus II rata-rata skor yang diperoleh melalui guru meningkat menjadi 82,5% dengan kategori Sangat Baik, Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I, diperoleh persentase hasil belajar siswa sebesar 57% dengan rata-rata 71 dan meningkat pada siklus II sebesar 81% dengan rata-rata 85. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelasV SDN 23 Ujung Gurun Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:54
Last Modified: 10 Mar 2023 03:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12225

Actions (login required)

View Item View Item