PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG

Putri, Jesi Famadya and Hidayati, Azkiya (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL EXAMPLE NON-EXAMPLE DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI JESI FAMADYA PUTRI 191003411122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis narasi siswa di kelas IV SDN 08 Surau Gadang Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru kurang bervariasi menerapkan metode atau teknik atau media dalam pembelajaran menulis sehingga siswa kurang tertarik untuk menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis siswa dalam menulis karangan narasi dengan menggunakan model pembelajaran Example Non-Example. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis yang dikemukakan oleh Tarigan (2013) dan model Example Non-Example dikemukakan oleh Huda (2015). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian keterampilan menulis siswa, lembar aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru. Ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siklus I sebesar 26,9% dengan rata-rata hasil belajar 58,5 dan meningkat pada siklus II sebesar 76,9% dengan rata-rata hasil belajar 74,3. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membuat karangan narasi dengan menggunakan model Example Non-Example dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 08 Surau Gadang Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:12
Last Modified: 10 Mar 2023 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12248

Actions (login required)

View Item View Item