PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 35 PAGAMBIRAN PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Rara, Aszhari and rona, taula Sari and Gusmaweti, Gusmaweti (2023) PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS V SDN 35 PAGAMBIRAN PADA MATERI EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
file 1.pdf

Download (860kB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (115kB)
[img] Text
file 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model Project Based Learning di kelas V SDN 35 Pagambiran, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan ujian akhir siklus pada akhir pertemuan siklus I dan II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 35 Pagambiran, yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pengajaran oleh guru, lembar observasi kreativitas belajar siswa,dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis kreativitas belajar siswa, nilai kreativitas belajar siswa pada masing-masing siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I kreativitas siswa sebesar 51,5 meningkat menjadi 76,2 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I 21 meningkat menjadi 82 pada siklus keduanya. Hal ini berarti pembelajaran IPA dengan menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan kreativitas sisswa kelas V SDN 35 Pagambiran. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Project Based Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:28
Last Modified: 10 Mar 2023 04:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12258

Actions (login required)

View Item View Item