PENINGKATAN KEMAMPUANMEMBACAPUISI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 02 KAMPUNG OLO PADANG

Ekowati, Tutik and Wirnita, Wirnita (2023) PENINGKATAN KEMAMPUANMEMBACAPUISI SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 02 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
PENDAHULUAN TUTIK EKOWATI 19-062.pdf

Download (659kB)
[img] Text
PENUTUP TUTIK EKOWATI 19-062.pdf

Download (277kB)
[img] Text
FULL TEXT TUTIK EKOWATI 19-062.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuanmembacapuisi siswa di kelasII SD Negeri 02Kampung Olo Padang yang disebabkan pada saat proses pembelajaran siswa kurang tidak memperhatikan guru dalam menerangkan pelajaran karena media yang digunakan guru kurang menarik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuanmembaca puisi siswa dengan menggunakan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 07Kampung Olo Padang yang berjumlah 14 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penilaian kemampuanmembaca puisi, dan lembar aktivitas guru, dan lembar aktivitas siswa. Nilai kemampuanmembaca puisisiswa pada siklus I dan II, diperoleh persentase kemampuan membaca puisi siswa pada siklus I sebesar 56,2% dan meningkat pada siklus II sebesar 77,0%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kemampuanmembaca puisi dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan kemampuanmembaca puisi siswa kelas II SD Negeri 02 Kampung Olo Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:31
Last Modified: 10 Mar 2023 04:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12260

Actions (login required)

View Item View Item