PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS NARASI SEJARAH MELALUI MODEL THINK PAIRE SHARE (TPS) KELAS V SD NEGERI 24 UJUNG GURUN KOTA PADANG

Syahida, Millatina and Wirnita, Eska (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA TEKS NARASI SEJARAH MELALUI MODEL THINK PAIRE SHARE (TPS) KELAS V SD NEGERI 24 UJUNG GURUN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK DAN DAFTAR ISI SYAHIDA MILLATINA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN SYAHIDA MILLATINA.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI SYAHIDA MILLATINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun, Kota Padang yang disebabkan oleh siswa yang kurangnya minat siswa dalam membaca. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses peningkatan nilai hasil belajar keterampilan membaca pada teks narasi sejarah menggunakan model Think Pire Share (TPS). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori membaca pemahaman dengan model Think Pire Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun, Kota Padang yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, dan lembar aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 18,07% dengan rata-rata 69,23% dan meningkat pada siklus II sebesar 78,07% dengan rata-rata 81,15% peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 11,92%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam membaca menggunakan model TPS dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri 24 Ujung Gurun, Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 04:36
Last Modified: 10 Mar 2023 04:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12264

Actions (login required)

View Item View Item