ani, safriani and Susi, Herawati (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 16 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN.pdf Download (702kB) |
|
Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 16 Surau Gadang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada pembelajaran matematika kelas V SD Negeri 16 Surau Gadang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain ”posttest-only control design”. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas V SD Negeri 16 Surau Gadang dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen kelas VB sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Berdasarkan tes akhir diperoleh bahwa hasil belajar Matematika kelas V SD Negri 16 Surau Gadang yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament lebih baik dari pada hasil belajar yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat hasil nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas control yaitu 77,14 untuk kelas eksperimen dan 71,5 untuk kelas kontrol. Dengan uj-t α = 0,05 diperoleh thitung 3,74 dan ttabel 2,022 ini artinya thitung > ttabel. Untuk ini disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model Teams Games Tournament dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 10 Mar 2023 04:55 |
Last Modified: | 10 Mar 2023 04:55 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12284 |
Actions (login required)
View Item |