PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KUMON BERBANTUAN LKPD DI SDN 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG

Widianita, Wulan and Sari, Syafni (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KUMON BERBANTUAN LKPD DI SDN 08 SURAU GADANG KECAMATAN NANGGALO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB PENDAHULUAN WULAN WIDIANITA.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB V, DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
SKIPSI WULAN WIDIANITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran matematika di SDN 08 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Padang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II pada pembelajaran matematika melalui metode kumon berbantuan LKPD di SDN 08 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitiannya menggunakan Lembar Observasi Aktivitas Guru dan Tes Hasil Belajar Siswa. Subjek penelitiannya adalah kelas II yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini terdiri atas dua siklus, satu siklus terdiri atas dua pertemuan dan tes akhir, pada pertemuan pertama dan kedua peneliti memberikan LKPD dan pada tes akhir peneliti memberikan soal tes siklus untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I dengan rata-rata sebesar 66,95 %, sedangkan pada siklus II 89,95 %, sehingga telah terjadi peningkatan sebanyak 23%. Untuk rata-rata hasil observasi aktivitas guru pada kedua siklus tersebut yaitu 78,45%. Pada presentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 65,38% dan pada siklus II 88,46 %, sehingga terdapat peningkatan sebanyak 23,08%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,92 dan pada siklus II yaitu 84,23, sehingga terjadi peningkatan rata-rata pada hasil belajar siswa sebanyak 17,31. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode Kumon kumon berbantuan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN 08 Surau Gadang Kecamatan Nanggalo Padang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran Kumon berbantuan LKPD dalam pembelajaran matematika, guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika, Metode Kumon, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 02:44
Last Modified: 13 Mar 2023 02:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12318

Actions (login required)

View Item View Item