PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWTOON DI SDN 51 KURANJI KOTA PADANG

Sri Rahmi, Rahmadani and Siska, Angreni (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWTOON DI SDN 51 KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover - daftar isi ok.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB Pendahuluan.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan - Daftar Pustaka.pdf

Download (265kB)
[img] Text
Full Skripsi Amiii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POWTOON DI SDN 51 KURANJI KOTA PADANG Sri Rahmi Rahmadani1, Siska Angreni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : rahmirahmi09122000@gmail.com Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas V SDN 51 Kuranji Kota Padang dengan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 51 Kuranji Kota Padang yang berjumlah 17 orang. Adapun data penelitian ini berupa informasi tentang hasil tindakan yang diperoleh melalui pengamatan aktivitas mengajar guru, kemampuan berpikir kritis siswa serta tes akhir pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh, terjadi peningkatan rata-rata skor persentase aktivitas mengajar guru dari siklus I 47,66% dengan kategori rendah meningkat menjadi 88,22% dengan kategori sangat baik pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I 47,60% dengan kategori jarang meningkat menjadi 88,22% di siklus II dengan kategori sering. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I yaitu 64,70% menjadi 94,11% pada siklus II. Adapun rata-rata hasil belajar siswa 80,05 pada siklus I meningkat menjadi 85 pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 82,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media Powtoon dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 51 Kuranji Kota Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Powtoon dalam pembelajaran IPA dengan baik sesuai dengan materi yang diajarkan. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:21
Last Modified: 10 Mar 2023 05:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12355

Actions (login required)

View Item View Item